Menu Close

Didukung Datanet, Ngalah TV Siarkan Live Report ‘Maleman’ Ramadan

Ritual tahunan di sepuluh akhir Ramadhan berupa ‘maleman’ (malam ke 21, 23, 25, 27 dan 29) di Ponpes Ngalah dipastikan disiarkan secara live oleh Ngalah TV. Televisi online official broadcast Ponpes Ngalah itu akan live di Channel Facebook dan Youtube serangkaian acara maleman.

               Seperti, pengajian al-Qur’an, pembacaan tahlil dan istighosah sebagai pra sholat malam. Dilanjut dengan ritual inti berupa sholat malam yang pimpin Pengasuh Ponpes Ngalah Romo Kiai Sholeh Bahruddin. Yakni meliputi, sholat sunnah lisyukril wudhu’, taubat, daf’il bala’, hajat, tahajud, tasbih, tsubutul iman, istikhoroh dan ditutup sujud syukur.

               Kemudian tawasul, wirid dan membaca doa bersama. Sebelum jamaah berakhir, Romo Kiai Sholeh Bahruddin menggelar pengajian keagamaan dengan tempo waktu tidak terlalu panjang. Tema pembahasan kerap berkaitan dengan keutamaan-keutaman beribadah, menjaga persatuan dan kesatuan hingga beberapa berkaitan dengan lailatul qodar.

               Senior crew Ngalah TV Choirul Anam mengatakan, konsep live report maleman Ramadhan kali ini tidak jauh berbeda dengan tahun lalu. Selain siaran langsung, beberapa kru juga akan memberikan review dari hasil pengajian dalam bentuk meme berisikan poin-poin isi pengajian yang akan disebarkan via medsos.

               “Tujuannya hanya untuk syiar keagamaan. Selain juga mungkin sebagai dari alumni yang aksesnya jauh dari pesantren bisa menjadi semacam ‘tombo kangen’ dengan suasana di Pesantren Ngalah,” ucapnya.

               Anam menambahkan, segala persiapan berkaitan dengan live repot telah dipersiapkan. Dari pembagian tugas untuk masing-masing kru, kelengkapan dan peralatan, serta detail konsep untuk pengambilan gambar, baik video maupun foto.

               “Semuanya sudah rampung dipersiapkan tinggal tunggu turun lapangan saja malam ini. Untuk mendukung kualitas siar live report, Ngalah TV didukung sepenuhnya oleh jaringan internet dari Datanet,” ungkapnya.                Seperti diketahui, Datanet sebagai penyedia layanan internet milik Yayasan Darut Taqwa merupakan provider internet yang memiliki kualitas jaringan dan layanan yang sangat baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *